Pengalaman selama mengikuti praktikum di Laboratorium Internet Dasar

Nama             :           Tri Rachmad Setiawan

Kelas              :           1DB05

NPM              :           36110961

Soal No. 3 Laporan Akhir Laboratorium Internet Dasar

Pengalaman selama mengikuti praktikum di Laboratorium Internet Dasar :

Pengalaman saya selama mengikuti praktikum di Laboratorium Internet Dasar cukup menarik antusias saya. Setiap materi yang disampaikan oleh Asisten Laboratorium dapat saya terima dengan baik. Karena kakak Lab nya yang sopan dan sabar dalam menyampaikan materi. Hal ini membuat saya dapat belajar dengan baik. Dan juga karena memang materinya berkaitan mengenai dunia internet, dunia yang saya gemari dan merupakan dunia yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan saya sehari-hari sebagai seorang mahasiswa jurusan Ilmu Komputer. Karena kita tahu sendiri internet merupakan sesuatu hal yang di dalamnya terdapat sumber informasi yang lengkap. Setiap orang dalam menjalankan aktivitasnya sebagian besar berkaitan dengan dunia ini, di dunia perkantoran, dunia pendidikan, dunia bussiness, dan lain sebagainya. Jadi internet merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita sebagai sumber informasi yang yang kita butuhkan.

Mengenai pengalaman saya selanjutnya selama mengikuti praktikum di Laboratorium  Internet Dasar ialah saya merasa kurang suka dengan kondisi AC atau pendingin udara yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini membuat udara di dalam ruangan tetap terasa panas dan saya jadi belajar dengan kurang nyaman. Dan juga ruangan Lab nya yang tidak terlalu besar sehingga membuat diberlakukannya sistem Shift. Saya pikir hal ini kurang efisien dalam hal waktu, karena membuang-buang waktu dalam hal penyampaian materi, padahal materi yang disampaikan untuk shift 1 ataupun shift 2 adalah sama. Dan juga shift 2 yang harus menunggu giliran masuk ke Lab, shift 2 harus menunggu shift 1 selesai mengikuti praktek. Hal ini membuat mahasiswa yang kebagian shift 2 harus menunggu terlalu lama dan membuang-buang waktu mereka.

Selanjutnya mengenai fasilitas yang ada di Laboratorium Internet Dasar ialah keberadaaan komputer-komputer yang tidak terawat dengan baik. Banyak komputer yang tidak berfungsi dengan selayaknya. Ditambah lagi komputer-komputer tersebut penuh dengan coret-coretan, dan hal ini cukup mengganggu. Seharusnya pihak laboratorium harus bisa memberikan sanksi tegas terhadap mahasiswa yang kedapatan mencorat-coret fasilitas komputer tersebut. Di tambah lagi komputer yang digunakan merupakan komputer versi lama atau komputer jadul. Hal ini membuat belajar menjadi kurang semangat. Dan saya pikir juga selama mengikuti praktikum ini, komputer-komputer tersebut jarang digunakan. Sehingga hanya menjadi pajangan saja. Dan juga hal yang membuat saya bingung adalah ini merupakan Laboratorium Internet Dasar, tapi mengapa tidak tersedia koneksi internet di komputer-komputernya??

Lalu mengenai Asisten Lab nya sendiri, saya sendiri menilai asisten Laboratorium Internet Dasar sudah menguasai materi dengan baik, jadi asisten tersebut dapat menyampaikan materinya dengan baik pula kepada mahasiswa. Tapi mungkin saran saya sebaiknya terdapat 2 asisten yang bekerja pada setiap praktikum dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar jalannya praktikum dapat lebih terawasi atau terkontrol dengan baik.

Hal-hal diatas memang lebih banyak keluh kesah saya terhadap Laboratorium Internet Dasar. Dan saya juga memiliki beberapa saran yang mungkin bisa diterima pihak Laboratorium Internet Dasar. Saya hanya ingin menyarankan sebaiknya fasilitas-fasilitasnya diperbarui lagi. Seperti pendingin udara atau AC nya diganti dengan AC yang dapat berfungsi dengan baik atau diganti dengan AC yang baru. Dan juga komputer-komputernya harap diganti dengan komputer-komputer yang masa kini. Jangan komputer jadul seperti itu. Masa’ Universitas Gunadarma yang terkenal dengan IT nya tapi Laboratoriumnya masih menggunakan komputer-komputer masa lalu?? Kan jadi tidak OK kedengarannya ;)) dan juga mohon disediakannya koneksi internet di setiap komputer. Jadi mahasiswa tidak hanya menerima teori yang disampaikan oleh asisten Lab, namun juga dapat langsung mempraktekannya di komputer yang sudah tersedia koneksi internet tersebut.

Saran-saran saya bertujuan agar kelangsungan jalannya praktikum dapat lebih nyaman, sehingga mahasiswa juga dapat belajar dengan baik. Mungkin cukup sekian kritik dan saran saya mengenai Laboratorium Internet Dasar. Dan mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan. Dan untuk itu saya ucapkan Terima Kasih.

Tentang danukusumapraja

Sevenfoldism
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

